Tujuh Tips Penting Membeli Ponsel Pintar khusus Selfie

Tujuh Tips Penting Membeli Ponsel Pintar khusus Selfie
Tujuh Tips Penting Membeli Ponsel Pintar khusus Selfie. 
Kartumerahnews.com, Jakarta — Media sosial adalah tempat yang pas untuk mengekspresikan diri melalui foto selfie. Segala upaya dikerahkan untuk mendapat hasil foto yang menakjubkan untuk diposting di dunia maya.
Ponsel pintar dengan kamera depan yang memiliki resolusi tinggi akhirnya jadi buruan di era digital. Jika Anda mencari ponsel baru untuk mendukung kegiatan selfie ataupun berprofesi sebagai content creator yang wajib merekam aneka video kreatif, ada Vivo V21 nih yang memiliki kamera depan 44 MP.
Lalu, apa saja sih yang harus kita perhatikan sebelum membeli hp untuk selfie? Simak beberapa tips penting berikut dalam memilih smartphone selfie terbaik!
1. Perhatikan Aperture HP
Aperture ini biasanya disebut dengan bukaan lensa. Fungsinya adalah menarik cahaya untuk masuk ke dalam lensa. Semakin banyak cahaya yang bisa ditangkap maka hasil jepretan kamera semakin bagus.
Oleh karenanya, pastikan kamera ponsel idaman Anda minimal memiliki bukaan lensa f/2.0 sehingga mampu menangkap banyak cahaya. Terutama saat pengambilan gambar dilakukan di dalam ruangan yang memiliki pencahayaan rendah.
Selain menangkap cahaya, aperture juga memiliki berbagai fungsi lain. Bukaan lensa ini bisa menambah dimensi foto dengan mengaburkan latar belakang foto (blur).
2. Besarnya Sensor Kamera
Apa yang dimaksud sensor kamera? Sensor kamera adalah chip yang terletak di lensa kamera. Sensor inilah yang membuat aneka lensa bekerja.
Chip di lensa kamera bertugas mengambil gambar yang kemudian diteruskan ke tempat penyimpanan atau sering disebut sebagai data foto. Bagus tidaknya sebuah foto atau video biasanya ditentukan juga oleh bagus tidaknya sensor kamera yang digunakan.
Sensor kamera saat ini bisa dibilang cukup pesat perkembangannya sehingga mampu menghasilkan foto dengan kualitas hingga 64 MP. Semakin banyak jumlah pixel, maka kualitas foto dan video juga semakin baik.
3. Fitur Kamera Teknologi AI
Teknologi pengambilan gambar menggunakan Artificial Intelligence (AI) juga menjadi fenomena yang semakin populer. Teknologi AI ini membuat bidikan gambar jadi jauh lebih jelas, jernih, sekaligus lebih indah.
Tak hanya membuat gambar semakin jernih, teknologi AI juga disematkan dalam pembuatan video kreatif. Contohnya adalah fitur face beauty yang dapat membuat tampilan wajah semakin berseri walaupun dalam kondisi minim cahaya.
Fitur AI lain yang menjadi favorit saat ini adalah efek bokeh, mode malam, hingga aneka stiker lucu yang menarik hati. Tak hanya menawarkan aneka mode selfie, kamera teknologi AI ini juga menawarkan frame noise reduction hingga optical image stabilizer.
Apa bedanya noise reduction dan stabilizer? Noise adalah titik- titik berwarna yang mengganggu hasil foto sehingga foto terlihat tidak halus dan tidak jernih.
Adapun stabilizer ini gunanya supaya hasil tangkapan kamera tetap stabil dan tidak goyang. Terlebih saat kita mengambil gambar yang bergerak atau menggunakan mode motion.
4. Eye Autofocus Anti Blur
Apakah hp incaran Anda memiliki lensa dengan kemampuan maju mundur secara otomatis untuk mencapai jarak fokus? Kalau tidak ada, maka hp tersebut kurang cocok digunakan untuk pecinta selfie.
Sebab mereka yang gemar selfie kadangkala mengambil jarak yang cukup dekat ataupun cukup jauh saat selfie, sehingga apabila tidak ada pengaturan autofocus maka gambar akan terlihat kabur atau tidak jelas.
Bisa dibilang autofocus ini adalah fitur wajib yang harus ada dalam hp selfie. Fitur ini mampu mengunci dan memfokuskan objek yang akan direkam ataupun dipotret melalui gerakan mata Anda.
5. Kualitas Video 4K
Hal lain yang perlu Anda cek sebelum membeli HP adalah fitur HD dan 4K. Perbedaan keduanya terletak pada resolusi.
Video HD memiliki resolusi 1920 x 1080 pixel. Sedangkan 4K Video memiliki resolusi 3840 x 2160 atau 3 kali kualitas video HD.
Fitur ini juga membuat tampilan foto dan video jauh lebih baik dengan menyeimbangkan bagian warna yang gelap dan terang. Fasilitas HD dan 4K ini bisa Anda gunakan saat mengambil gambar yang memiliki pencahayaan yang luas, contohnya pemandangan hingga dedaunan yang teduh.
6. Dual-View Video
Tips selanjutnya dalam memilih HP selfie adalah adanya dual view video. Belum banyak ponsel pintar yang menawarkan fitur ini, namun ke depannya fitur dual-view video akan menjadi trend. Sebagai info, Vivo V21 sudah dilengkapi dengan teknologi ini lho!
Fasilitas ini bisa mengkombinasikan dua kamera berbeda secara bersamaan untuk mengambil video. Anda tinggal memilih satu dari beberapa opsi kombinasi kamera.
Kombinasi ini antara lain kamera utama belakang dan kamera utama depan, atau kamera utama belakang dengan kamera wide angle di belakang, dan yang terakhir adalah kamera depan dengan kamera wide angle di bagian belakang.
7. LED Flash Penambah Cahaya
Ponsel pintar yang dilengkapi dengan LED flash juga menjadi buruan penggemar selfie. Tak lain dan tak bukan karena cahaya memegang peranan penting saat proses pengambilan gambar.
LED flash fungsinya menambah cahaya saat lokasi foto minim penerangan atau memiliki pencahayaan rendah, contohnya di malam hari. Fitur ini merupakan salah satu fasilitas wajib bagi mereka yang gemar berswafoto.
Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli hp yang memiliki fasilitas dual LED flash sehingga penerangan lebih maksimal.
Itu dia beberapa tips penting dalam membeli hp selfie. Pastikan hp yang dibeli sesuai dengan bujet Anda ya. Nah, sudah siap bukan membeli Vivo V21 atau malah model lainnya yang punya kamera keren? Anda bisa membelinya dengan mudah melalui website Blibli lho. Selamat berbelanja!
ANTARA

Pos terkait