TP PKK Makassar Gelar SMEP Di Ikuti Tiga Kecamatan Secara Virtual

  • Whatsapp

Tim Penggerak PKK Kota Makassar gelar Sistem Evaluasi Monitoring Pelaporan (SEMP) secara virtual di rumah jabatan Wakil Walikota, Rabu (22/07/2020).

Hal ini sebagai upaya untuk tetap memantau berbagai kegiatan TP PKK di tingkat kecamatan selama masa pandemi.

Ketua TP PKK Makassar, Rossy Timur Wahyuningsih dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa poin penting bagi ketua TP PKK Kecamatan.

Untuk STEM tahap pertama diikuti oleh 3 kecamatan yakni Kecamatan Ujung Tanah, Kecamatan Sangkarrang, serta kecamatan Tamalanrea.

“Berbagai kegiatan maupun program PKK di kecamatan harap tetap dilaksanakan dengan mengacu pada protokol kesehatan, semisal kegiatan posyandu,” tutur Rossy.

Kegiatan SMEP sangat penting untuk dilaksanakan,  tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana mana progres kerja TP PKK selama ini, dan juga untuk mengetahui jika ada kegiatan inovatif yang mungkin dapat menjadi percontohan bagi kecamatan kecamatan lainnya.

Selain itu, Ketua TP PKK mengingatkan kembali agar seluruh struktur organisasi PKK dilengkapi, demikian pula sarana untuk berkumpul bagi ibu-ibu PKK.

“Komunikasi akan lebih mudah jika struktur organisasi jelas dan lengkap masing-masing pokja, keberadaan ruang kerja juga menjadi penting,” lanjutnya.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya menurut Rossy yakni dalam mengedukasi masyarakat, sebaiknya memberikan percontohan, semisal untuk laporan dasawisma, minimal di setiap kecamatan memiliki kelurahan dengan dasawisma yang sesuai dengan standar dan kriteria data yang dibutuhkan.

“Percontohan ini untuk memudahkan kelurahan lainnya, untuk menyediakan data dasawisma sesuai dengan standar. Data dasawisma sangat penting sebagai basis data kita,” lanjutnya.

TP PKK dalam mengedukasi masyarakat, diminta untuk memberikan contoh, serta memberikan edukasi secara langsung. Demikian pula dalam mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat.

“Jangan lupakan protokol kesehatan, dan aplikasikan pada diri sendiri dengan menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan,” lanjutnya.

Kegiatan dihadiri pula oleh Camat Ujung Tanah serta Camat Tamalanrea selaku pembina PKK di tiga  kecamatan tersebut.

Pos terkait