Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jokowi Harap ABK Terlindungi

Kartumerahnews.com – Presiden Joko Widodo meninjau vaksinasi Covid-19 secara massal di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Kamis (10/6/2021).

Tampak hadir mendampingi Jokowi di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Jokowi dan rombongan hadir sekitar pukul 11.00 WIB dan langsung berkeliling untuk melihat langsung proses vaksinasi yang ditujukan bagi para pekerja dan masyarakat sekitar pelabuhan itu.

“Siang hari ini saya berkunjung untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi di Pelabuhan Sunda Kelapa yang ditujukan untuk para pekerja pelabuhan dan juga warga masyarakat di sekitar Pelabuhan Sunda Kelapa,” kata Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis.

Jokowi mengatakan, interaksi warga di Pelabuhan Sunda Kelapa begitu tinggi. Warga yang dimaksud misalnya, anak buah kapal (ABK) hingga pekerja bongkar muat kapal.

Tingginya interaksi tersebut berisiko tinggi menyebarkan virus corona, termasuk terjadinya penularan antarpulau.

Oleh karenanya, vaksinasi diperlukan untuk melindungi para pekerja dari Covid-19.

“Untuk apa vaksinasi ini dilakukan? Untuk mencegah penyebaran Covid terutama karena mereka adalah orang yang interaksinya tinggi, baik sebagai ABK, baik yang pekerja bongkar muat,” ujar Jokowi.

“Artinya ada interaksi dengan ABK yang kapalnya, perahunya berasal dari pulau yang lain,” tuturnya.

Jokowi berharap, angka vaksinasi akan semakin bertambah di berbagai daerah sehingga herd immunity atau kekebalan komunal lekas terbentuk.

“Kita harapkan ini akan terus berlanjut dengan tambahan jumlah yang lebih banyak lagi,” kata dia.

Untuk diketahui, program vaksinasi Covid-19 di DKI Jakarta telah masuk ke tahap ketiga sejak Mei 2021.

Vaksinasi tahap ketiga ini menyasar kelompok masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, ekonomi serta masyarakat yang berada di daerah dengan kasus Covid-19 yang cenderung meningkat

Adapun Dinas Kesehatan DKI Jakarta tengah melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat rentan berusia di atas 18 tahun.

Vaksinasi ini dilaksanakan sesuai dengan surat Pemberitahuan Kemenkes tanggal 3 Mei Nomor SR.02.06/II/1134 2021.

Pos terkait