Sidang Gugatan Polusi Udara Jakarta Kembali Ditunda? Berikut Adalah Rangkuman Berbagai Berita Menarik Yang Terjadi…

Sidang Gugatan Polusi Udara Jakarta Kembali Ditunda? Berikut Adalah Rangkuman Berbagai Berita Menarik Yang Terjadi...

Gambar: Para penggugat yang menyatakan kekecewaannya atas penundaan sidang pembacaan putusan gugatan.
Sumber: Dok; Koalisi Ibu Kota.

  • UNESCO merekomendasikan agar Great Barrier Reef Australia dimasukkan dalam daftar warisan dunia dalam bahaya, menurut rancangan laporan yang dikeluarkan pada awal minggu ini. Australia dianggap belum cukup melindungi sistem terumbu karang terbesar di dunia ini dari dampak perubahan iklim, karena kurang memiliki kebijakan iklim yang kredibel dan memberikan dukungan terhadap industri bahan bakar fosil.

Oleh karena itu Greenpeace menanggapi persoal ini. Berdasarkan peringatan dari UNESCO sudah sangat jelas, Great Barrier Reef berada dalam bahaya karena kegagalan Pemerintahan Morrison untuk bertindak atas perubahan iklim.

Bacaan Lainnya

“Pemerintah Australia berjanji kepada dunia di bawah perjanjian UNESCO bahwa mereka akan ‘sepenuhnya’ melindungi dan melestarikan Great Barrier Reef yang megah. Politisi kita tidak hanya gagal melakukan ini, dengan tidak memiliki rencana yang kredibel untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dengan cepat, tetapi juga menyangkal dan berusaha menyembunyikan kegagalan mereka di setiap kesempatan,” ujar CEO Greenpeace Australia Pacific David Ritter.

  • Gerakan inisiatif Stop Ecocide Foundation mempublikasikan kata Ecocide, dalam upaya untuk membuka jalan untuk mengadili perilaku perusakan lingkungan agar bisa dimasukan dalam mandat Mahkamah Pidana Internasional.

Jadi, apa yang dimaksud dengan Ecocide? Ecocide diartikan sebagai tindakan melanggar hukum atau ceroboh yang dilakukan dengan pengetahuan bahwa ada kemungkinan besar kerusakan lingkungan yang parah dan meluas atau jangka panjang yang disebabkan oleh tindakan tersebut.

Mengapa inisiatif ini menjadi penting? Menurut Prof Philippe Sands QC dari University College London, mengutip The Guardian, hal terpenting dari inisiatif ini adalah memperluas proses untuk merubah kesadaran publik, menyadari hubungan kita dengan lingkungan. “Kita harus melakukannya lewat jalur politik, diplomatik, dan hukum untuk mencapai perlindungan lingkungan.”

  • Sidang putusan gugatan warga negara atas polusi udara di Jakarta kembali ditunda. Sidang putusan yang harusnya digelar pada 24 Juni 2021 ini ditunda atas alasan kesehatan — Hakim, Panitera, dan sejumlah pegawai di Pengadilan Tinggi Negeri Jakarta Pusat dinyatakan positif COVID-19 sejak 21 Juni 2021.

Sejumlah temuan di atas menunjukan harus adanya aksi nyata dari berbagai pihak untuk mengurangi dampak Krisis Iklim yang akan terjadi. Penggunaan energi kotor tidak hanya akan merusak apa yang ada di darat, tapi juga apa yang ada di laut. (Jalal)

Pos terkait