SIAP-SIAP, MASYARAKAT BISA LAPORKAN PROYEK AMBURADUL LEWAT APLIKASI SIMPOR

SIAP-SIAP, MASYARAKAT BISA LAPORKAN PROYEK AMBURADUL LEWAT APLIKASI SIMPOR

Manggar- Beltim, Koranpatroli.com – Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin melaunching Program Bangkit Berdaya (BB) Online dan Aplikasi Sistem Monitoring Pembangunan Partisipatif (Simpor), di Auditorium Zahari MZ, Jum’at, (25/6).

Bacaan Lainnya

BB Online dan Aplikasi Simpor merupakan inovasi yang digagas oleh Bagian Perekonomian, Pembangunan dan SDA Setda Beltim kolaborasi dengan Diskominfo Beltim menyediakan Aplikasi Simpor, yang bertujuan untuk memonitoring pembangunan di Kabupaten Beltim sehingga masyarakat bisa mengawasi proyek pembangunan di desa masing-masing dan dilaporkan ke Pemkab Beltim melalui Pemdes.

“Saya berharap aplikasi ini dapat dimanfaatkan secara maksimal, karena setiap tahun dan setiap pelaksanaan pembangunan selalu ada laporan-laporan terhadap proses pelaksanaan di OPD masing-masing,” kata Burhanudin.

Burhanudin yang juga mantan ASN ini sudah mengetahui seluk beluk bagaimana proses pembangunan di Kabupaten Beltim, dan berharap dengan di launching Program BB Online dan Aplikasi Simpor pengerjaan proyek di lapangan menjadi tidak amburadul.

“Ada kontraktor yang mengerjakan proyek dengan asal-asalan, karena 15 persen dari nilai keuntungan sudah dibagi dengan keuntungan lain, ini yang parahnya, sehingga pekerjaan di lapangan amburadul,” .

Aan sapaan akrabnya menambahkan dengan dilakukannya monitoring yang ketat dalam proses pembangunan di Kabupaten Beltim sangat berguna, selain bisa menghindari kecurangan juga bisa mengefektifkan anggaran Pemkab Beltim.

“Kalau kita mengawasi dengan ketat, kita monitoring dengan baik, kita ini tidak mencari kesalahan orang, tidak, tetapi memperbaiki dengan cara yang benar itu akan lebih efektif, karena minimal kita bisa mengefektifkan anggaran kita,” jelas Aan.

Lebih lanjut Pemkab Beltim akan memberikan reward bagi desa yang melakukan monitoring dan memberikan pelaporan yang baik dalam proses pembangunan di desanya masing-masing.(SUYANI)

Pos terkait