Rakor Jelang 1 Suro, Kapolres Magetan: Magetan tidak memungkinkan untuk mengadakan kegiatan apapun

LensaIndonesia.com

Kartumerahnews.com,: Dalam rangka Persiapan Agenda Bulan Muharram 1443 Hijriyah/tahun 2021 atau Bulan Suro, Polres Magetan menggelar Rapat Koordinasi di Gedung Pesat Gatra Mapolres Magetan, Jumat (6/8/2021) pagi.

Tampak hadir dalam agenda tersebut, Bupati Magetan Suprawoto, Dandim 0804 Letkol Inf. Ismulyono Tri Widodo, dan seluruh jajaran PJU (pejabat utama) Polres Magetan, serta perwakilan perguruan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dan Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda (PSHW TM).

Bacaan Lainnya

Seperti diketahui, setiap Bulan Suro, kedua perguruan besar tersebut secara rutin menggelar kegiatan akbar pengesahan atau kenaikan tingkat untuk para warganya, yang kemudian dilanjutkan dengan ziarah ke makam pendiri atau sesepuh perguruan masing-masing. Namun, dikarenakan tahun 2021 ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, serta adanya pemberlakuan PPKM Level 4 yang memberikan pembatasan terhadap mobilitas masyarakat guna menekan penyebaran virus Corona, maka gelaran kegiatan Suroan atau Suran Agung tersebut sepakat untuk ditiadakan.

Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana menegaskan, di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini sudah seharusnya masyarakat mematuhi kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah, terutama di masa PPKM level 4, tentang peniadaan kegiatan apapun yang bisa mengumpulkan massa dalam jumlah besar.

“Saya tegaskan, ketika situasi membaik, baru akan ada penerapan yang baru. Tapi untuk saat ini, wilayah Magetan sangat tidak memungkinkan untuk mengadakan kegiatan apapun,” tegas AKBP Festo.

Orang nomor satu di jajaran Polres Magetan itu, mengajak seluruh anggota perguruan untuk bersinergi dan bahu-membahu untuk menekan angka penyebaran Covid-19 dengan mentaati kebijakan yang berlaku di masa PPKM level 4 ini.

“Lebih bagus kita duduk bersama bahu-membahu menurunkan angka kasus Covid-19. Bahu-membahu bersama koordinator di wilayahnya untuk mencegah terjadinya kerumunan. Mari kita semua mematuhi dan melaksanakan peraturan PPKM,” ajaknya.

Ia juga menambahkan, dibutuhkan kerjasama dari semua pihak untuk menciptakan kondisi yang kondusif, tidak hanya bertumpu pada tiga pilar.

“Harapannya kita bisa bersama, bisa bekerja bersama. Jadi, tidak hanya dibebankan pada tiga pilar saja. Kita butuh dukungan dan kontribusi masyarakat dalam pencegahan meluasnya Covid-19,” pungkas Festo.

Tak hanya dari PSHT dan PSHW, perwakilan dari sejumlah perguruan pencak silat di Kabupaten Magetan yang hadir dalam gelaran Rakor tersebut, juga menyepakati untuk tidak melaksanakan kegiatan pada Bulan Muharram 1443 H / tahun 2021. @Limad

 

Pos terkait