PPKM diperpanjang lagi hingga 16 Agustus, belasan hotel terancam tutup, PHK massal menanti

LensaIndonesia.com

Kartumerahnews.com,: Dampak perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Level 4 hingga 16 Agustus 2021, membuat belasan hotel di Surabaya terancam tutup permanen disusul PHK massal.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Timur Dwi Cahyono mengatakan, 85 persen hotel di Jatim tak dapat bernapas panjang selama PPKM Darurat Level 4 diberlakukan, apalagi kini diperpanjang lagi.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, nyaris tak ada tamu yang datang. Okupansi tamu yang menginap atau sekedar berbisnis hanya mencapai angka 5-10 persen saja. “Okupansi hotel rata-rata 5-10 persen. 85 persen sudah tidak dapat bertahan dengan PPKM level ini. Tidak ada tamu yang datang, jadi tidak ada bisnis,” katanya, Senin (9/8/2021).

Sementara itu, karyawan yang telah dirumahkan hampir mencapai 40 persen. Saat ini hotel yang bertahan dengan tetap beroperasi hanya membuka sebagian kamar saja.

“Semua harus menjadwal masuknya karyawan sampai merumahkan hampir 40 persen karyawan. Hanya mengoperasikan sebagian kecil kamar dan fasilitas-fasilitas yang ada,” tambahnya.

Kendati demikian, Dwi enggan menyebut hotel apa saja yang terancam tutup permanen dan melakukan PHK massal. Tetapi, dia memprediksi bakal ada tambahan hotel yang melakukan hal serupa.

“Saat ini saja sudah hampir 10 hotel yang tutup permanen. PPKM terus berlanjut, yang akan tutup bertambah. Bukan tidak mungkin bulan ini akan ada PHK massal,” pungkasnya. @wendy

 

Pos terkait