Pertina Sulsel Coret Satu Petinju karena Gelapkan Uang Organisasi

  • Whatsapp

Kartumerahnews.com- Pengurus Provinsi Persatuan Tinju Amatir Indoensia (Pertina) Sulawesi Selatan mencoret salah satu petinjunya dalam daftar atlet yang dipersiapkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua.

Hal tersebut karena tindakan Carles Katiandagho, petinju kelas 75 kilogram (kg), menggelapkan uang puluhan juta yang digunakan Pertina Sulsel pada Pra PON ke II di Bogor beberapa waktu lalu.

“Uang dari Dispora Sulsel ini kan awalnya ditransfer ke rekening atlet. Tetapi tiba saatnya kita mau berangkat ke Bogor dengan uang tersebut, Carles menolak. Dia bilang by kinerja. Artinya uang itu harus masuk ke atlet atau pelatih,” kata Sekertaris Umum Pengprov Pertina Sulsel Adam Taka Simanjuntak kepada wartawan, Selasa (23/3/2021).

Menurut Adam, semua cabang olahraga (cabor) baik itu tinju, karate dan sebagainya memang dititipkan uang ke rekening atlet.

Uang tersebut dititipkan ke atlet untuk digunakan sebagai honor dan biaya keberangkatan ke lokasi Pra PON.

Kendati demikian, kata dia, uang tersebut bukan hanya untuk satu atlet saja, melainkan untuk seluruh tim dan official.

Hal ini juga sudah dijelaskan ke Carles, tetapi uang tersebut enggan diberikan.

“Kami sudah jelaskan berkali-kali, tapi Carles tidak mau kembalikan. Ketua Pertina Sulsel Adi Rasyid Ali juga sudah terbuka untuk ketemu dengan Carles. Tetapi yang bersangkutan tidak pernah hadir,” jelasnya.

Adam menambahkan, pencoretan Carles juga sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Pihak Pertina Sulsel telah melayangkan surat ke KONI Sulsel ditembuskan ke gubernur, Satgas PON Sulsel hingga ke Kadis Dispora Sulsel. “Sebenarnya kami sudah tutupi masalah ini. Alasan kami mencoret karena indisipliner. Tetapi Carles terus menyebarkan berita hoaks, makanya kami ungkap semuanya. Jadi, nanti Carles digantikan oleh Jhon Yambe di PON Papua 2021,” tambahnya.

Pos terkait