Pemerintah resmi tetapkan PPKM Darurat di luar Jawa-Bali, ini daftar daerahnya

LensaIndonesia.com

Kartumerahnews.com,: Pemerintah Indonesia secara resmi mengumumkan penetapan PPKM Darurat Nasional. Keputusan ini diambil berdasarkan hasil evaluasi selama masa PPKM Darurat di Jawa-Bali yang telah berlangsung selama tujuh hari.

“Kita berlakukan PPKM Darurat di luar Jawa-Bali 15 Kabupaten Kota di luar Jawa-Bali mulai 12 Juli,” ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Jumat (9/7/2021).

Bacaan Lainnya

Dalam konferensi pers tersebut, Airlangga menjelaskan, PPKM darurat di 15 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali ini akan diberlakukan mulai 12-20 Juli 2021.

Sementara, mengenai aturan PPKM Darurat ini, akan mengikuti aturan yang sama dengan di wilayah Jawa-Bali, seperti yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Koordinator PPKM Darurat, seperti , kantor sektor non-esensial harus 100 persen bekerja dari rumah dan sekolah wajib belajar jarak jauh.

“Aturannya akan mengikuti peraturan PPKM Darurat Jawa-Bali,” tambah Airlangga.

Daftar 15 Kota/Kabupaten Luar Jawa-Bali yang akan menerapkan PPKM Darurat. (Foto: Youtube @PerekonomianRI)

Adapun 15 kabupaten/kota yang akan diberlakukan PPKM darurat tersebut adalah:

  1. Kota Tanjung Pinang,
  2. Kota Singkawang,
  3. Kota Padang Panjang,
  4. Kota Balikpapan,
  5. Kota Bandar Lampung,
  6. Kota Pontianak,
  7. Manokwari,
  8. Kota Sorong,
  9. Kota Batam,
  10. Kota Bontang,
  11. Kota Bukittinggi,
  12. Berau,
  13. Kota Padang,
  14. Kota Mataram,
  15. Kota Medan.

Sebagai  informasi, Peraturan dan pelaksanaan PPKM Darurat ini lebih ketat dibandingkan dengan PPKM sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk menekan lonjakan kasus positif COVID-19 di Indonesia, yang saat ini telah menembus angka di atas 30 ribu kasus per hari. @LIcom

 

Pos terkait