Pemdes Bojong Sigap, Tanggap Layani Masyarakat Yang Sakit dan Meninggal

Pemdes Bojong Sigap, Tanggap Layani Masyarakat Yang Sakit dan Meninggal

Cianjur, Kartumerahnews.com – Mobil ambulan pemerintah Desa Bojong kecamatan Karang Tengah kabupaten Cianjur yang di Beli menggunakan anggaran dari sumber Dana Desa (DD) pada Tahun  2020 di gunakan untuk melayani kebutuhan masyarakat yang sakit ataupun meninggal Dunia.
Meskipun berdasarkan keputusan mentri Kesehatan (Kepmenkes) nomor 142/Menkes – Kesos/SK/2021 tentang standarisasi kendaraan pelayanan medik bahwa ambulan memiliki beberapa jenis fungsi dan ke gunaannya, salah satunya Mobil ambulan yang di gunakan untuk membawa orang sakit dan atau darurat itu harus berbeda. 

Namun kebijakan dari Pemerintahan Desa Bojong sangatlah berbeda, justru Desa Bojong menggunakan mobil ambulannya dengan multi guna yang artinya bisa di gunakan untuk membawa orang sakit ataupun yang meninggal dunia. 
Berdasarkan penjelasan kepala Desa Bojong sejak di temui awak media di ruang kerjanya pada hari selasa tanggal (10/08/2021).
Handoko. SH selaku Kepala Desa menjelaskan, “Kami selaku pemerintahan Desa bukan tidak mengikuti peraturan  pemerintah yang di atas meskipun peraturannya sudah jelas bahwa penggunaan mobil ambulan itu berbeda peruntukannya, namun berdasarkan hasil keputusan musyawarah dengan Lembaga Desa juga para Rt dan Rw maupun tokoh masyarakat.”
“Bahwa berdasarkan hasil keputusan rapat atau musyawarah, mobil ambulan Desa yang memang keberadannya hanya satu unit dapat di gunakan buat orang sakit ataupun meninggal serta kebutuhan darurat lainya.” Ungkapnya. 
Lanjut, “Dengan demikian kamipun mengambil sikap serta mengantisipasi dengan menyediakan dua jenis belangkar, satu untuk orang meninggal dan satunya lagi untuk orang sakit atau Darurat.” 
“Untuk insentif sopir ambulan itu sendiri kami sisikan dari sumber anggaran Dana Desa berdasarkan peraturan yang ada, dan Alhamdulilah dengan kesiapan dari sopir itu sendiri sangatlah beetanggung jawab dengan tugasnya.”
“Seperti halnya, setiap ambulan setelah digunakan mengantar pasien selalu membersihkannya atau mencucinya dengan menggunakan disinspektan.” Pungkasnya. (Das)

Pos terkait