Pangdam Hasanuddin : Tidak Ada Anggota yang Salah, yang Salah adalah Komandannya

  • Whatsapp

“Tidak ada anggota yang salah tapi yang salah adalah komandannya.” Demikian Kata Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bhakti, saat membuka secara resmi Apel Komandan Satuan (Dansat) TNI AD tersebar Kodam Hasanuddin tahun 2018, di lapangan tembak pistol Rindam XIV/Hasanuddin Jl. Malino Pakkatto Kabupaten Gowa, kemarin Rabu (11/4/2018).

Lanjut Pangdam menandaskan bahwa komandan satuan itu adalah pimpinan.

“Seorang pemimpin harus menyadari ada kode etik Perwira yang mengatur norma-norma seorang Perwira di dalamnya. Harus punya ilmu kepemimpinan dan itulah seni. Harus berbaur dengan anak buahnya. Musuh kita sekarang adalah Narkoba, radikalisme. Beda dengan zaman dulu yang hanya berhadapan dengan penjajah langsung,” ujarnya.

baca juga : Pangdam : Kenaikan Pangkat Harus Diikuti Perubahan Sikap dan Tindakan Positif

Apel Dansat kali ini mengusung tema Bersama Rakyat TNI AD Kuat, Hebat, Profesional dan Dicintai Rakyat dan Siap Melaksanakan Tugas Pokok.

Tidak hanya melakukan evaluasi terhadap pembinaan satuan, namun juga mengkombinasikan kegiatan fisik dan non fisik diantaranya HTF, menembak, navigasi darat, teknik dan taktik bertempur serta diskusi dalam perumusan pembinaan satuan.

Pangdam juga menyampaikan bahwa, apel dansat memiliki tujuan untuk menyamakan persepsi para komandan satuan tentang pokok-pokok kebijakan pimpinan TNI AD untuk dijabarkan dalam pelaksanaan program kerja satuan, agar mampu mencapai sasaran demi terwujudnya satuan yang siap operasional dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD.

Disamping itu, lanjut Pangdam, apel Dansat bukan hanya kegiatan rutin Angkatan Darat, namun merupakan forum untuk membahas berbagai hal yang berkaitan dengan kepemimpinan, dihadapkan kepada dinamika tantangan tugas ke depan yang terus berkembang.

“Angkatan Darat mengharapkan apel dansat kali ini dapat menjadi pendorong para Komandan Satuan untuk terus memperkuat komitmen melakukan pembinaan satuan bagi keberhasilan dan kesuksesan tugas satuan,” katanya.

Kegiatan rencananya akan berlangsung selama dua hari dari tanggal 11 sampai dengan 12 April 2018, diikuti oleh 113 peserta dari para unsur komandan terdiri dari para Komandan Detasemen (Danden), Komandan Kompi (Danki), Beberapa Perwira Staf dan Komandan Peleton (Danton) Satuan Jajaran Kodam Hasanuddin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.