Nurdin Abdullah Dapat Usul Pelantikan Kepala Daerah Terpilih Digelar Langsung

kartumerahnews.com – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, mendapat usul dari sejumlah kepala daerah terpilih dalam Pilkada 2020 untuk acara pelantikan langsung, namun dihadiri peserta terbatas. Namun arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), kegiatan tersebut berlangsung secara virtual. “Jadi intinya arahan Kemendagri secara virtual, namun beberapa daerah memberikan masukan, apakah tidak bisa jika hanya Bupati bersama wakil yang dilantik,” kata Nurdin di Kota Makassar, Sulsel, Rabu (17/2/2021).

Dia menjelaskan, akan menyampaikan masukan ini ke Kemendagri. Sebab pelantikan secara virtual juga dapat mengundang penduking dan simpatisan datang untuk memberikan ucapan selamat. Kondisi ini malah menyebabkan kerumunan lebih besar. Justru pelantikan secara langsung yang hanya menghadirkan kepala daerah terpilih dan wakilnya, bisa menjadi pertimbangan. Pemerintah Provinsi Sulsel akan membatasi peserta yang datang untuk mencegah penularan virus corona.

Jadi yang mana kira kira memberikan efek yang lebih baik atas upaya pemutusan penularan Covid-19, itu yang diambil nantinya,” ujarnya.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemerintah Provinsi Sulsel, Hasan Basri Ambarala mengatakan, telah menerima surat dari Dirjen Otda Kemendagri bahwa pelantikan kepala daerah terpilih akan dilakukan secara daring.

“Jadi bisa saja Gubernur melantik dari jauh. Bisa juga diundang bupati ke sini yang lainnya virtual,” ujarnya.

Related posts