Narapidana Narkoba yang Kabur Dari Rutan, Dikirim Keliang Lahat

Ilustrasi

Kartumerahnews.com – Narapidana kasus narkotika Usman (31) menghembuskan nafas terakhir di RSUD Lanto Dg Pasewang

Usman tewas usai ditembak Tim OPD Satnakorba Polres lantaran mengancam petugas dengan menggunakan senjata tajam

Plt Kasubag Humas Polres Jeneponto AKP Syahrul menyampaikan, Usman terpidana kasus narkoba masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) karena melarikan diri dari Rutan Kelas II B Jeneponto pada (20/4/2020) lalu.

Usman berhasil ditemukan petugas sekira pukul 01:00 Wita, di Baddo Pangkayya Desa Tuju, Kecamatan Bangkala Barat, Jeneponto, yang dipimpin Kanit Opsnal Satnarkoba Polres Jeneponto Ipda Sunardi.

“Tim Opsnal melakukan penangkapan terhadap Terpidana yang melarikan diri beberapa hari yang lalu dari Rutan Kelas 2 B Jeneponto Kasus Narkoba, dengan identitas US” kata Syahrul, Rabu (29/4/2020)

Saat pelaku hendak ditangkap, Usman mengancam petugas menggunakan senjata tajam berupa Parang dan badik.

Petugaspun mengeluarkan tembakan peringatan agar pelaku tenang.

“Pelaku malah mengayunkan sebilah parang sambil mendekati anggota tim namun anggota langsung mengeluarkan senjata api kemudian menyuruh pelaku untuk tenang dan menyerahkan diri,” kata Syahrul.

Berbagai upaya dilakukan agar pelaku menyerahkan diri dan tidak melukai petugas.

Tim Opsnal akhirnya melumpuhkan pelaku dengan menembak bagian paha kanan dan bagian punggung sebelah kanan hingga tewas.

Usai dilumpuhkan, anggota pun langsung mengamankan pelaku dan membawanya ke RSUD Lanto Daeng Pasewang sampai di rumah sakit, dokter menyatakan bahwa pelaku telah meninggal dunia.

“Dengan keadaan mendesak dan sangat perlu untuk menyelamatkan anggota dari ancaman yang membahayakan nyawanya dilakukan pelumpuhan dengan dilakukan penembakan ke arah pelaku” katanya

Sebelumnya terpidana menjalani Proses hukum di Sat Narkoba Polres Jeneponto dengan sangkaan Pasal 112 ayat (1) dan pasal 127 ayat (1) huruf A UU RI no 35 2009 tentang narkotika (pengedar dan pengguna)

(Is)

Pos terkait