Maknai HUT RI, Sejumlah Organisasi Pemuda dan Mahasiswa Penanaman Pohon di Rano

Maknai HUT RI, Sejumlah Organisasi Pemuda dan Mahasiswa Penanaman Pohon di Rano
Penanaman bibit buah di lingkungan Sopai oleh sejumlah pemuda dan pemerintah setempat

Infokitamerahnews.com, Tana Toraja – Pemerintah Lembang Madandan bersama sejumlah pemuda dari organisasi dan mahasiswa melaksanakan kegiatan inspiratif di tengah pandemi covid-19. Kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT RI ke 76. Kolaborasi pemerintah dengan pemuda tersebut menggelar penanaman bibit buah di lingkungan Rano, kampung Dulang. Selasa 17 Agustus 2021.

Bacaan Lainnya

Sejumlah organisasi yang terlibat dalam kegiatan itu diantaranya Pemuda Pecinta Alam, PPGT Klasis Madandan, Himpunan Mahasiswa Sangmadandanan, PPGT Jemaat Dulang dan Mahasiswa KKN UKI Toraja.

Jumlah bibit buah yang ditanam sebanyak 76 pohon, sesuai dengan jumlah tahun kemerdekaan RI. Jenis buah yang ditanam ada mangga dan manggis dan dialokasikan di lahan masyarakat yang telah dikoordinasikan sebelumnya, dimana lokasi penanaman sebelumnya diusulkan untuk dijadikan agrowisata dan sebagai langkah awal dilakukan penanaman bibit buah.

Agrowisata merupakan rangkaian kegiatan wisata yang memanfaatkan potensi pertanian sebagai objek wisata, dimana bisa memadukan pertanian, hortikultura dan perikanan yang diharapakan bisa membantu peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

Ketua koordinator Yirman Pabidang, menungkapkan rasa syukur kepada Tuhan karena masih dapat andil dalam Proklamasi Kemerdekaan RI. Ia juga mengapresiasi semangat peserta kegiatan.

“Puji syukur pada Sang Pencipta karena masih memberi kita kesempatan untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia dan saya sangat apresiasi semangat kerjasama teman” KKN yang ada di Kecamatan Sopai, karena telah meluangkan waktunya untuk melaksanakan upacara di puncak buntu sopai untuk menanam bibit buah yang telah kita siapkan,” ungkap Yirman ketua koordinator penanaman bibit yang juga koordinator lembang mahasiswa KKN.

Sejumlah pemuda yang terlibat dalam kegiatan juga mengutarakan harapan, kiranya kegiatan yang digelar dapat berjalan baik, mendapat dukungan dari Pemerintah, Tokoh masyarakat dan masyarakat itu sendiri.

Kepala Lembang Madandan, Andarias Sambira juga mengapresiasi kegiatan. 

“Semoga kegiatan yang dilaksanakan organisasi pemuda ini dapat menginspirasi bagi orang lain, dimana mengisi hari kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan positif, walaupun ditengah pandemi,” ungkap kepala lembang Andarias Sambira yang juga peserta kegiatan.

Narsum kepada redaksi via WA mengatakan, kegiatan penanaman dilaksanakan dari pagi sampai siang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.