Lensa Indonesia dipercaya sebagai penerima program Digital-First Newsroom Sustainability Lab dari Google News Initiative

LensaIndonesia.com

Kartumerahnews.com,: Lensa Indonesia di bawah naungan PT Lensa Indonesia Global Media, berhasil menjadi media penerima dan partner program Youtube Sustainability Lab dari Google News Initiative (GNI).

Dari laman resmi Google News Initiative disebutkan, Lensa Indonesia bersama Kompas TV dan JabarNews, termasuk dalam  65 media di dunia yang terpilih masuk dalam program tersebut.

Bacaan Lainnya

Pada kategori Digital First Newsroom, Lensa Indonesia bersama Jabarnews mewakili Indonesia. Media lainnya: Agência Públic dan Alma Preta Jornalismo (Brasil), Asian Boss (Korea Selatan), India Signing Hands (India),  Business Insider Japan (Jepang), Dipnot Yayıncılık Eğitim ve Turizm A.S (Turki). Beberapa media Eropa, Gal-Dem dan Leeds+ (Inggris), Breaking Italy (Italia), HugoDécrypte dan Le Crayon (Prancis) serta Hyperbole Medien GmbH (Jerman) juga LA Taco (AS), menjadi partner pula dalam program ini.

Adapun untuk program lain (Pendapatan Periklanan, User Revenue dan Cost Saving), Kompas TV (Indonesia) masuk sebagai partner program bersama media-media asal Amerika seperti ABC News, Fox News, The Washington Post, Bloomberg, The New York Times dan media Eropa The Guardian dan Financial Times (Inggris), Euronews (Prancis), Atresmedia (Spanyol) serta Spiegel TV (Jerman).

Atas keberhasilan ini, Lensa Indonesia memperoleh sejumlah dukungan inovasi dari GNI dan Youtube untuk mengembangkan layanan berkelanjutan berbasis video digital. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan kemanfaatan bagi publik.

Sebagai informasi, Program Sustainability Lab ini merupakan salah satu upaya GNI dan Youtube dalam mendukung organisasi media massa di seluruh dunia, khususnya di tengah kondisi pandemi global.

Melalui program ini, GNI dan Youtube berkolaborasi dengan media massa untuk mempercepat ide-ide kreatif dan inovatif terkait dengan upaya keberlanjutan media dalam memproduksi video berita.

“Kita sangat mengapresiasi sekaligus sebuah kehormatan bagi Lensa Indonesia dipercaya menjadi bagian dari program Google News Initiative. Ini akan menjadi momentum untuk memperkuat kreasi konten video berita berkualitas,” ujar CEO PT Lensa Indonesia Global Media, Arief Rahman.

Kanal Youtube Lensa Indonesia Channel, tambah Arief Rahman, akan menjadi sarana kolaborasi dalam proyek Sustainability Lab ini. Partner, klien dan para pemangku kepentingan termasuk komunitas, dapat memanfaatkan aset digital di kanal ini untuk menjangkau publik secara lebih luas dan masif.

“Penguatan jejaring dan kolaborasi dengan media-media massa internasional ini menjadi pijakan kuat bagi Lensa Indonesia  untuk tumbuh menjadi media berkualitas sekaligus terintegrasi di platform digital,” kata Arief Rahman, yang juga merupakan Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur tersebut.

Sementara itu, Head of Creative Division PT. Lensa Indonesia Global Media Hari Andri Winarso mengungkapkan, terpilihnya Lensa Indonesia untuk masuk ke dalam program Sustainability Lab ini akan mempercepat pengembangan dan pemutakhiran program-program informasi berbasis digital di Lensa Indonesia.

“Dengan masuknya Lensa Indonesia ke dalam program Sustainability Lab ini, tentu saja akan mengakselerasi kinerja kami dalam mengembangkan berbagai program dan produk informasi berbasis digital, untuk memberikan manfaat secara positif bagi masyarakat,” ujar Andri, panggilan akrabnya. “Selain itu, melalui dukungan dari GNI dan Youtube ini, ke depannya Lensa Indonesia ingin mengeksplorasi dan mengangkat kembali tradisi dan budaya melalui media digital, agar masyarakat Indonesia tidak kehilangan jati diri dan warisan leluhurnya,” imbuhnya.

Ia pun memastikan, Lensa Indonesia menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat yang membutuhkan berita positif dan segar di tengah banjir informasi di era digital ini, dimana masyarakat sulit untuk menyaring mana informasi yang benar dan mana yang hoaks.

“Selain menjadi sahabat yang baik untuk masyarakat, dengan adanya program ini, Lensa Indonesia bisa memberikan dukungan lebih untuk para pemangku kepentingan, baik pemerintah maupun swasta,” pungkasnya. @LIcom

 

Pos terkait