Ketua AWPI Sulsel Desak Kapolres Bulukumba Segera Tangkap Pelaku Pengancaman Wartawan

  • Whatsapp
AWPI Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia

Kartumerahnews.com – Profesi jurnalis sangatlah mulia tidak mengenal waktu untuk menjalankan tugas peliputan, walaupun banyak rintangan yang dialami dilapangan, demi medapat suatu berita untuk kebutuhan informasi publik

Maka tak jarang para jurnalis/pemburu berita mendapat intimidasi,vkekerasan fisik, pengancaman bahkan pembunuhan dari oknum oknum yang tak bertanggung jawab.

Seperti halnya yang dialami junarlis Zonamerahnews.com Andi bur saat ingin konfirmasi tambang ‘ilegal’ di Desa Swatani Kab Bulukumba

Bukannya mendapat respon baik malah mendapat ancaman ‘pembunuhan’ dengan parang oleh Andi Fian yang di ketahui adik dari Bupati bulukumba.

Terkait hal itu Ketua Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia AWPI Sul-sel Haryadi Talli mengecam tindakan itu dan mendesak polisi untuk serius menangani kasus pengancaman pembunuhan dengan parang terhadap jurnalis Zonamerahnews.com yang diduga dilakukan oleh Adik Bupati Bulukumba.

“Maka itu kami meminta kepada Bapak Kapolda Sul-sel dan Kapolres Bulukumba agar mengusut tuntas kasus tersebut yang diduga kuat suatu tindakan kekerasan pengancaman dan menghalang halangi tugas seorang jurnalis.

Berdasarkan kitab Undang Undang Hukum Pidana KUHP sangat jelas Bab XXIII dalam Pasal 368 ayat 1 tentang ancaman kekerasan, dan UU PERS No 40 Tahun 1999 tentang Menghalangi tugas seorang jurnalis adalah pidana.

“Selain itu Kami juga memendesak pihak terkait agar tambang yang dikelola Andi Fian Segera diusut jika tambang tersebut ‘Ilegal’ tak mengantongi Izin pihak terkait harus segera menutup sesuai aturan yang berlaku. Tutup Haryadi

(AWPI)

Pos terkait