ISPI Prihatin Dengan Status Guru Honorer yang Tak Jelas

Kartumerahnews.com –  Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) mengaku prihatin atas ketidakjelasan status para guru honorer dalam dunia pendidikan Indonesia. Hingga saat ini permasalahan guru honorer masih menjadi salah satu persoalan yang belum terselesaikan.

“Persoalan guru honorer adalah ketidakjelasan status guru honorer, disebut PNS belum, disebut PPPK juga belum, disebut guru menurut UU Sisdiknas belum terpenuhi karena belum PPG, jadi betapa status guru honorer itu semacam dilema, digantung,” jelas Pengurus Bidang Hukum dan Advokasi PP ISPI Cecep Darmawan dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi X DPR RI secara daring, Rabu (16/5).

Begitu pun jaminan kesejahteraan, para guru honorer biasanya mendapatkan bayaran yang rendah. Tidak peduli berapa mata pelajaran yang dipegang guru honorer, gaji mereka tetap tidak sepadan dengan apa yang diberikan. “Soal gaji kecil, ngajar banyak pun honor segitu juga,” tambahnya.

Kemudian, mereka juga harus mendapatkan perlindungan oleh pemerintah. Sebab, mereka yang belum memiliki kejelasan status, sulit mendapar perlindungan hukum. “Memang ini harus menjadi PR besar,” imbuhnya.

Dari persoalan ini, yang paling penting adalah pemerintah belum sepenuhnya memiliki grand desain perlindungan guru, baik dari sisi pemetaan, jumlah hingga kebutuhan. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi krisis guru di masa mendatang.

“Lalu jaminan kepastian jenjang karir, sudah kesejahteraan sulit, status lemah dan perlindungan hukum tidak jelas, guru honorer tidak ada kepastiannya, kemudian kualitas komptensinya, umumnya diadakan diklat adalah yang status asn, sementara guru honorer jarang sekali dilibatkan,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga mengharapkan para Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) mencetak lulusan yang memiliki kualitas unggul. “Kami juga mempertanyakan kualitas penghasil GTK, mudah-mudahan LPTK menghasilkan guru berkualitas, ini harus didorong lagi pada pengembangan LPTK oleh pemerintah,” tegas dia.

Pos terkait