IJB Bahas Peran Wartawan Dalam Pembangunan

IJB Bahas Peran Wartawan Dalam Pembangunan
Karawang, Journalnews.co.id – Organisasi profesi Ikatan Jurnalis Bersatu (IJB) melalui kegiatan produktif Ngariung Diskusi Urusan Dunia (Ngudud) yang rutin dilakukan, kali ini mengambil tema apa sih tugas dan fungsi wartawan.
Acara diskusi kali ini dihadiri dewan pembina, penasehat, serta jajaran pengurus pusat IJB, dikantornya jalan terusan kantor camat Banyusari, Desa Gempol – Karawang.
Dalam paparannya Mulyadi Rusmianto, M.Si selaku ketua dewan pembina IJB mengatakan, “bahwa, dalam 10 Tahun terakhir ini pola berita yang ada dalam masyarakat cenderung berubah. Masyarakat menyukai berita yang informatif, bukan propokatif. “Contoh berita pembangun lingkungan, atau informasi banyak hal yang sifatnya edukatif,” terang Mulyadi.
Lebih jauh Mulyadi menambahkan, dengan adanya program Ngudud ini, kita bisa ambil porsi untuk berperan tentang berita yang bermanfa’at dan membangun
yang tujuannya sampai ke masyarakat.
Sementara Ketua Penasehat IJB Andriyanto, SH dalam paparannya menjelaskan “bahwa porsi wartawan dalam laju pembangun harus melakukan kegiatan menulis berita sesuai fakta, realita di lapangan, bukan mereka-reka.”
IJB sebagai organisasi profesi wartawan harus dapat memberitakan setiap giat pembangunan diwilayahnya masing-masing.
“Jangan sampai kita sebagai wartawan tidak mengerti tugas dan fungsinya. Apalagi sampai tidak bisa menulis berita, ini akan merusak citra wartawan,” ungkapnya. 
Seorang wartawan bukan hanya menggantungkan KTA media saja, tapi kontrolingnya harus dilaksanakan.
“Sehebat apapun nama media, bila tidak profesional tidak akan membuat kualitas wartawan itu menjadi baik. Seorang wartawan harus bisa menunjukan karyanya,” kata Andriyanto. 
Dalam kesimpulan acara kali ini, bahwa fungsi wartawan adalah menulis berita atau mengabarkan berita sesuai fakta dan kenyataan. (Irwan IJB)

Pos terkait