Hasil Monev, Direktur FPRM Apresiasi Kinerja Bupati Nagan Raya Capai Visi dan Misi

 

Bacaan Lainnya


RADARISTANA.COM | Nagan Raya 

– Ketua Forum Peduli Rakyat Miskin (FPRM) Nasruddin mengapresiasi atas kenerja Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham, SE dimana selama 4 (empat) tahun kepemimpinannya banyak  mengalami peningkatan,  baik Infrastruktur maupun program pemberdayaan masyarakat.


Hasil monitoring dan evaluasi (Monev) dilakukan Nasruddin beberapa hari berada di Nagan Raya melakukan berbagai pola survey, baik wawancara maupun terjun ke lokasi kegiatan diprogramkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya.


Dalam mencapai visi dan misinya, nilai Nasruddin HM Jamin Idham, SE selaku Kepala Daerah terus memperioritaskan program-program strategis disegala sektor kepentingan masyarakat Nagan Raya melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dibawahnya, terutama sektor Kelautan dan Prrikanan, Pertanian dan Perkebunan, serta industri berbasis UMKM.


“Terutama di sektor kalautan,   dan pertanian, berbagai sarana infrastruktur dan peralatan telah dibangun serta difasilitasi untuk meningkatkan akses hasil produksi, bagi nelayan maupun para petani,” sebut Nasruddin kepada media Radaristana.com, Minggu (22/8).


Bahkan pada tahun 2021 ini Pemkab Nagan Raya telah mengusulkan kepada Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Pemerintah Aceh untuk membangun Jatty (Pemecah ombak) sebagai pengamanan masyarakat pesisir untuk  penahan ombak sehingga nelayan dapat melaut dengan nyaman di Kuala Tuha Kecamatan Kuala Pesisir.


Bahkan menurut keterangan  Panglima Laot kepada pihaknya, proyek Jatty ini sangat di butuhkan oleh masyarakat pesisir (nelayan) di Nagan Raya karena laut dikawasan mereka berbatasan dengan Samudra India 


“Terutama pada musim Barat cuaca disini sangat extrem sehingga nelayan tidak bisa melaut, dan sangat   mempengaruhi penghasilan bagi nelayan,” jelasnya.


Oleh karena hal tersebut Nasruddin akan melaporkan kepada Sakti Wahyu Trenggono selaku Menteri Kelautan dan Perikanan serta kepada Dinas KKP di Provinsi Aceh. Karena hasil tinjauannya kelokasi, itu merupakan program perioritas bagi masyarakat.


“Agar program tersebut mendapatkan prioritas utama baik dari pemerintah pusat maupun Pemerintah Aceh,  karena program ini merupakan salah satu program termasuk dalam Nawacita Presiden Ir. Joko Widodo untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional,” ungkapnya.


Mudah mudahan, harap Nasruddin dengan adanya peningkatan infrastruktur serta peralatan dapat meningkatkan taraf ekonomi ribuan keluarga para nelayan di Nagara Raya ini.


“Begitu juga di sektor pertanian Pemkab Nagan Raya pada tahun 2020 melalui Kementrian Pertanian telah membantu petani penanaman padi seluas 5.819 hektar yang berada di 5 (lima) Kecamatan, yakni Beutong Ateuh 500 hektar, Beutong 1.500 hektar, Seunagan Timur 1.500 hektar, Seunagan 1.319 hektar, dan Suka Makmue 1.000 hektar,” papar Nasruddin.


Ini membuktikan, lanjutnya bahwa Bupati Nagan Raya serius meningkat ekonomi masyarakat di tengah kondisi pandemi Covid 19, selain bibit padi pemerintah juga membantu pupuk dan biaya pengolahn lahan. 


“Oleh karenanya saya berharap kepada semua pihak agar mendukung program pemerintah untuk membangun Nagan Raya ini kearah yang lebih baik,” imbuhnya.*


Laporan  : S Adi P

Pos terkait