DPC KAI Lutim Ruting Berikan Bantuan Hukum Cuma-cuma Bagi Masyarakat Kurang Mampu

  • Whatsapp

Kartumerahnews.com–Luwu Timur —Pimpinan Cabang Kongres Advokat Indonesia Kabupaten Luwu Timur meluncurkan layanan konsultasi hukum dan counseling cuma-cuma alias gratis. Menariknya acara itu bakal konsisten diberikan kepada masyarakat pencari keadilan yang membutuhkan. Hanya saja acara itu cuma rutin diberikan setiap Jumat, pada pukul 15.20-18.00 WIB.

Bacaan Lainnya

Kegiatan itu dilaksanakan bekerjasama dengan Posbakum Pranaja”. Adapun pemberi jasa hukum dan counseling langsung dari Pengurus DPC KAI Luwu Timur  dan kantor hukum Posbakum Pranaja.

“Langkah ini kami berikan karena minimnya kesadaran masyarakat akan hukum. Untuk event perdana kemarin kami sampai terima 12 masalah yang dikonsultasikan masyarakat, padahal acara seharusnya jam 6 selesai, cuma karena banyak yang konsultasi, dan baru launching jadi kami terima sampai pukul 20.34,”kata Ketua DPC KAI Luwu Timur Adv Ronal Efendi 

Untuk event perdana itu, pihaknya, menurunkan 6 advokat dan 3 konselor. Adapun masalah yang dikonsultasikan beragam, mulai pemecatan dari pekerjaan, perceraian, curhatan putus cinta, perkara narkotika, dampak pandemi covid-19, sampai penipuan masalah tanah. Ia berharap kegiatan itu bermanfaat bagi masyarakat, sehingga masyarakat bisa melakukan konsultasi berbagai macam masalah dalam kegiatan itu. Acara itu sendiri dikonsep dalam bentuk kongkow dan ngopi bareng.

“Untuk selanjutnya kami tetap konsisten hanya dibuka jam 15.20-18.00, kami sudah bagi tugas hanya akan menerjunkan 3 advokat dan 2 konselor, jadi kalau sampai datang banyak bisa Jumatnya lagi, karena akan rutin setiap Jumat. Untuk perdana kemarin kami adakan di Kantor REI & CO LAWYER OFFICE, di Jalan Trans Sulawesi Desa Lestari Kab.Luwu Timur,”jelasnya.

Ronal menambahkan, nantinya dalam konsultasi hukum itu. Apabila ada yang membutuhkan bantuan hukum gratis khusus bagi mereka yang tingkat ekonominya tergolong kurang mampu. Ia memastikan akan memberikan pendampingan maksimal. Namun ada syarat untuk mendapatkan bantuan hukum gratis tersebut sebagaimana Peraturan Pemerintah Nomor 83 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pemberian Bantuan Hukum Secara Cuma-Cuma dan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat.

“Tentu ini juga menjadi fungsi sosial bagi kami dalam membantu masyarakat yang tidak mampu untuk memperjuangkan keadilan, serta Rasa Komitemen kami dari Organisasi Kongres Advokat Indonesia Untuk Menjadi Garda Terdepan dalam Pemberian Bantuan Hukum Bagi Masyarakat”imbuhnya.

Pos terkait