Detik-Detik Proklamasi, pengguna jalan ikuti upacara di Simpang Patung Pecel Kota Madiun

LensaIndonesia.com

Kartumerahnews.com,: Pemandangan yang berbeda terlihat pada Peringatan Detik-Detik Proklamasi tahun 2021 di Kota Madiun, Selasa (17/8/2021) pagi. Seperti yang tampak di Simpang Patung Pecel, sejumlah pengguna jalan yang tengah melintas diminta untuk berhenti dan turun dari kendaraannya masing-masing.

Sesaat kemudian, terdengar bunyi sirene dan suara lonceng gereja yang seakan menekan tombol pause untuk keriuhan Kota Madiun. Kota Pendekar mendadak hening, seiring kian mengentalnya suasana khidmat, saat sejumlah pemuda dan pemudi berpakaian putih, berbaris dan melangkah tegap, dipimpin oleh seorang pemuda yang membawa Bendera Merah Putih.

Bacaan Lainnya

Menyaksikan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) berbaris membawa Sang Saka Merah Putih itu, para pengguna jalan itu pun serentak memberikan hormat dan mengumandangkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Selain pengguna jalan, sejumlah petugas Kepolisian, Dinas Perhubungan, dan perwakilan dari perguruan Pencak Silat pun terlihat mengikuti jalannya prosesi upacara tersebut.

Yanto, salah seorang pengendara yang tengah melintas mengungkapkan keterkejutannya saat diminta untuk berhenti oleh petugas Kepolisian.

“Saya kaget ketika diminta untuk berhenti oleh salah satu petugas Kepolisian,” ujarnya kepada Lensaindonesia.com.

Yanto menambahkan, menurutnya upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-76 yang digelar di jalan seperti ini sangat bagus dan berguna, karena selain untuk mengenang dan menghormati jasa para Pahlawan yang telah berjuang untuk Kemerdekaan Indonesia, juga untuk menumbuhkan rasa nasionalisme masyarakat Indonesia, terutama pada generasi millenial.

Sebagai informasi, kegiatan serupa juga dilaksanakan secara serentak di tujuh titik persimpangan jalan di Kota Madiun, yakni Simpang Lima Joyo, Simpang Tiga Mancaan, Simpang Empat Rejoagung, Simpang Empat jembatan Manguharjo, Simpang Empat Sleko, dan Simpang Empat Te’an. @Limad

 

Pos terkait