BMKG Keluarkan Peringatan Dini Hujan Deras Disertai Angin Kencang Landa Sulsel

  • Whatsapp

Kartumerahnews.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan yang disertai angin kencang melanda Sulawesi Selatan (Sulsel) selama tiga hari.

Dalam surat peringatan dini itu, Kepala Balai BMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan menyebutkan bahwa hujan sedang disertai angin kencang diprediksi melanda Sulsel selama tiga hari terhitung 1 hingga 3 April 2021.

“Dampak yang ditimbulkan hujan yang disertai angin kencang berpotensi banjir, genangan, tanah longsor, pohon tumbang, meluapnya area tambak budidaya, dan keterlambatan jadwal penerbangan dan pelayaran,” katanya.

Berdasarkan pantauan, hujan mulai sedang hingga lebat mulai melanda sejak tanggal 1 April 2021. Pada tanggal 2 April sekitar pukul 03.30 Wita, hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang telah melanda sebagian wilayah di Sulawesi Selatan termasuk Kota Makassar. Dari prakiraan cuaca BMKG pada 2 April 2021 sejak dinihari, hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang telah melanda sebagian wilayah di Sulsel yakni di wilayah Kota Makassar dan Kota Parepare. Demikian pula dengan kabupaten lainnya di Sulsel yakni Kabupaten Pinrang, Barru, Pangkajene, Maros, Takalar, Gowa, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Selayar.

Berdasarkan pantauan, hujan mulai sedang hingga lebat mulai melanda sejak tanggal 1 April 2021.

Pada tanggal 2 April sekitar pukul 03.30 Wita, hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang telah melanda sebagian wilayah di Sulawesi Selatan termasuk Kota Makassar.

Dari prakiraan cuaca BMKG pada 2 April 2021 sejak dinihari, hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang telah melanda sebagian wilayah di Sulsel yakni di wilayah Kota Makassar dan Kota Parepare.

Demikian pula dengan kabupaten lainnya di Sulsel yakni Kabupaten Pinrang, Barru, Pangkajene, Maros, Takalar, Gowa, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Selayar.

Suhu udara berkisar 18-29°C, dengan kelembapan udara  75–99 persen.

Arah angin barat daya–barat laut / 10 – 45 km/jam. Berdasarkan informasi yang diperoleh, sejumlah pohon tumbang di Kota Makassar, Kabupaten Gowa dan Kabupaten Takalar.

Dalam kejadian itu, beberapa kendaraan warga yang sedang terparkir dan rumah warga tertimpa pohon tumbang.

Pos terkait