Baca Nih BuzzeRp… Telah Mengambil Uang Habib Bhr, Ryan Jombang Akui Kesalahan dan Minta Maaf Bermeterai

Kartumerahnews.com, – Terpidana hukuman mati kasus pembunuhan berantai Ryan Jombang hari Kamis (19/8/2021) mengirimkan sepucuk surat yang isinya pengakuan bahwa dia telah mengambil uang Habib Bahar dan ia meminta maaf atas kesalahannya. Sebagai berikut surat pernyataan Ryan Jombang selengkapnya.

SURAT PERNYATAAAN

Bacaan Lainnya

Dengan isi saya menyatakan, bahwa saya

NAMA : Fery Idam Hermansyah (Ryan jombang)

PASAL : 340

Hukuman : Mati

Dengan ini saya meluruskan tentang berita dan kabar yang beredar di MEDIA ONLINE ataupun TELEVISI

1. Bahwa sangat tidak benar bahwa Habib Bahar meminjam uang senilai 10jt kepada saya, dan tidak pernah meminjam sama sekali

2. Permasalah ini telah diselesaikan secara damai (kekeluargaan) dan diketahui oleh pihak lapas

3. FAKTA yang SEBENARNYA saya khilaf dan MENGAMBIL uang HABIB BAHAR hingga memicu permasalahan ini

4. Dalam hal ini Saya mengakui bahwa saya yang bersalah lebih dulu. Memulai permasalahan ini

5. Saya dan HABIB BAHAR telah saling memaafkan dan sepakat bahwa tidak ada tuntutan dalam hal apapun. Baik jalur hukum atau yang lain nya

DEMIKIAN SURAT INI SAYA BUAT DENGAN SE-BENAR-BENARNYA DAN TIDAK ADA PAKSAAN DARI PIHAK MANAPUN.

Gunung Sindur, 19-Agustus-2021

(VERY IDAM HERMANSYAH ALS. RYAN JOMBANG)

Kalapas: Masalah Habib Bahar Sudah Selesai, Ryan Jombang yang Salah

Untuk membantah berbagai hoax dan isu liar yang disebarkan oleh para buzzer untuk mendiskreditkan dan memfitnah Habib Bahar bin Ali bin Smith, Kalapas Gunung Sindur menegaskan Ryan Jombang yang bersalah dan sudah damai.

Habib Bahar bin Smith dikabarkan bertikai dengan terpidana pembunuh berantai yakni Very Idham Henyansyah alias Ryan ‘jagal’ Jombang di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Khusus Kelas IIA Gunung Sindur, Bogor. Namun, masalah keduanya sudah diselesaikan secara damai.

Kalapas Gunung Sindur Mujiarto menjelaskan masalah yang melibatkan Habib Bahar dengan Ryan Jombang. Menurut dia, persoalan ini lantaran salah paham antara keduanya sehingga memicu perselisihan.

Dia bilang itu berawal dari masalah pribadi yang kerap terjadi di mana pun termasuk di lapas. Ia menekankan latar belakang dan kepribadian setiap warga binaan di lapas berbeda sehingga bukan perkara mudah.

“Di mana menyatukan orang-orang yang mempunyai latar belakang dan kepribadian berbeda bukanlah hal yang mudah. Untuk itu lah pembinaan diberikan kepada narapidana, termasuk mereka berdua,” ujar Mujiarto di Bogor, Jawa Barat, Rabu 18 Agustus 2021.

Mujiarto tak menampik pertikaian antara Habib Bahar dan dengan Ryan dipicu soal uang. Dalam perselisihan ini, Ryan akhirnya mengakui kesalahannya. Namun, ia tidak merinci permasalahan tersebut. “Ryan juga tidak keberatan. Memang dia yang salah,” katanya.

Pun, ia menambahkan, permasalahan antar warga binaan merupakan hal yang kerap terjadi. Namun demikian, pihak lapas memastikan akan terus memberikan pembinaan bagi mereka. Tapi, ia menyampaikan sekali lagi persoalan antara Habib Bahar dan Ryan sudah selesai.

“Yang jelas perselisihan sudah selesai dan mereka pun kembali mengikuti aturan-aturan dan program pembinaan yang diberikan pihak lapas,” lanjut Mujiarto.

Pertikaian Habib Bahar dengan Ryan Jombang di dalam Lapas Gunung Sindur, Bogor jadi heboh pemberitaan. Kabarnya pertikaian itu gegara urusan uang untuk keperluan di dalam Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Pengacara Habib Bahar, Ichwan Tuan Kotta heran dengan keterangan pengacara Ryan, Kasman Sangaji. Ia membantah kliennya meminjam uang dari Ryan. Kata dia, justru sebaliknya Ryan yang membuat masalah dengan Habib Bahar.

Ichwan menegaskan tak mungkin kliennya meminjam duit ke Ryan. Alasannya, karena Habib Bahar memiliki kemampuan ekonomi alias berduit.

“Ya nggak mungkin lah. Habib Bahar itu orang kaya ngapain kekurangan duit. Itu keterangan yang tidak mungkin dan tidak rasional. Adanya juga Ryan yang bikin masalah,” kata Ichwan saat dikonfirmasi VIVA, Rabu 18 Agustus 2021.

Ichwan mengatakan, menurut informasi yang diterima dari petugas lapas bahwa kejadian sebenarnya bukan Habib Bahar yang meminjam uang. Atas dasar itu, dia membantah pernyataan dari pengacara Ryan, Kasman Sangaji.

Sebelumnya, Kasman kepada awak media mengatakan Habib Bahar meminjam uang ke Ryan sebesar Rp10 juta. Tapi, saat ditagih, Habib Bahar tidak punya iktikad baik untuk melunasinya. Kasman juga menyebut kliennya mengalami luka lebam di wajahnya dan dada sesak karena pukulan hingga tendangan dari Habib Bahar. [VIVA]

Pos terkait