Antisipasi Ancaman KKB di Perumahan Warga, Detasemen Gegana Polda Sulsel Gelar Latihan Urban Warfare

  • Whatsapp

kartumerahnews.com – Detasemen Gegana satuan Brimob Polda Sulsel melakukan simulasi penanggulangan gangguan kamtibmas berkadar tinggi di Perumahan Anging Mammiri, Jalan Hertasning, Makassar, Kamis (25/3/2021).

Kegiatan ini untuk mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas seperti kelompok kriminal bersenjata (KKB) di perumahan warga.

“Kegiatan ini kami buat untuk bagaimana mengelola insiden di pemukiman penduduk,” ujar Danden Gegana Polda Sulsel, AKBP Sahruna Nasrun.

AKBP Sahruna menyebut pelatihan seperti ini sangat penting bagi anggota, sebab urban warfere atau perang perkotaan berbeda dengan perang yang ada di hutan. Dikarenakan di perkotaan banyak aktivitas warga yang perlu diperhatikan anggota.

“Tidak semua pasukan bisa bermain di pemukiman penduduk kalau kita perang di hutan gampangji, kalau dilingkungan penduduk, disini ada aktivitas warga masyarakat,” ujarnya.

Pada giat ini selain menjadi simulasi anggota Brimob dalam penanganan gangguan Kamtibmas, juga bertujuan untuk mengedukasi warga dan pihak keamanan perumahan untuk mengantisipasi jika terjadi tindakan teror.

“Ini juga bentuk kolaborasi kita dengan warga masyarakat dan pihak Security, apabila ada insiden di pemukiman masyarakat untuk bagaimana berkomunikasi dan bersinergi, itu tujuan latihan,” lanjutnya.

Selain di lingkungan masyarakat, kegiatan serupa juga bakal dilakukan di kawasan industri dan kawasan perkantoran dalam waktu dekat ini.

Pos terkait