52 Terduga Teroris Makassar Ditangkap, 1 Orang Masuk Jaringan Poso

  • Whatsapp

kartumerahnews.com – Tim Densus 88 Mabes Polri dibantu jajaran Polda Sulawesi Selatan (Sulsel), sejauh ini sudah menangkap 52 terduga teroris terkait bomber Gereja Katedral Makassar. Namun ada satu di antaranya yang masuk jaringan Poso.

“Dari 52 orang terduga ini, terdiri dari tujuh orang wanita dan 45 orang laki-laki. Kasus teroris terbanyak ini kita amankan sebagian besar dari wilayah Sulsel, khususnya Kota Makassar,” kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes E Zulpan, Kamis (30/4/2021).

Menurut dia, penyidik Densus 88 Antiteror dibantu Polda Sulsel, sejak awal terus melakukan penangkapan usai kejadian bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar.

Sebagian besar terduga teroris ini masuk dalam sel-sel jaringan yang berafiliasi dengan ISIS dan Jamaah Ansharut Daulah atau JAD. Mereka dapat ditangkap setelah kelompok Villa Mutiara Makassar diamankan lebih dulu.

“Ada penambahan dari 43 orang kemarin, lalu sempat bertambah lagi dua, menjadi 45 orang. Selanjutnya bertambah lagi hingga total-nya menjadi 52 orang,” katanya.

Terkait adanya penangkapan salah seorang terduga berasal dari jaringan Poso, Kombes Pol Zulpan, membenarkannya. Namun masih dalam pemeriksaan tim Densus 88 Mabes Polri.

“Terduga dari Poso itu dalam pemeriksaan karena baru di tangkap kemarin. Prosesnya mendasari Undang-undang terorisme,” ujarnya.

Sumber: iNewsSulsel

Pos terkait