292 Napi di Lapas Kelas IIB Kualasimpang Dapat Remisi Pada HUT-RI ke-76 Tahun 2021

292 Napi di Lapas Kelas IIB Kualasimpang Dapat Remisi Pada HUT-RI ke-76 Tahun 2021

 

Bacaan Lainnya


RADARISTANA.COM | Aceh Tamiang – 

Sebanyak 292 Narapidana (Napi) di Lapas Krlas II.B Kualasimpang Kabupaten Aceh Tamiang dapat Remisi umum pada peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke-76 tahun 2021.


Bupati Aceh Tamiang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Drs. Asra mengikuti Vidcon Pemberian Remisi Umum kepada Narapidana dan Anak di Lapas Kelas II.B Kualasimpang Desa Dalam, Selasa (17/08).


Pemberian Remisi oleh Pemerintah ini setiap tahunnya pada peringatan HUT-RI, Remisi umum diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada Narapidana berkelakuan baik yang telah mengikuti pembinaan dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) sedang menjalani hukuman atas pelanggaran hukum atas kelalaiannya sebagai warga Negara.


Dalam video conference (Vidcon), Direktur Jendral Lembaga Pemasyarakatan (Dirjen PAS), Irjen Pol Drs. Reynhard Saud Poltak Silitonga, SH. M. Si memberikan laporannya selaku ketua pelaksana. 


Beliau mengatakan bahwa warga binaan permasyarakatan (WBP) merupakan bagian dari warga Negara yang tetap memiliki hak–hak yang mesti dihormati dan dipenuhi, termasuk hak untuk mendapatkan pengurangan masa menjalani pidana (remisi).


Melalui remisi, katanya diharapkan dapat mempercepat proses kembalinya setiap Narapidana dan Anak dalam kehidupan bermasyarakat, namun pemberian remisi ini seharusnya tidak hanya dimaknai sebagai pemberian hak WBP, tetapi lebih dari itu.


“Remisi merupakan apresiasi Negara atas pencapaian yang sudah dilakukan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan selama menjalani pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan Negara (Rutan) dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA),” ujar Dirjen PAS.


Dirjen Pas bersama para Pimpinan membangkitkan semangat kemerdekaan dengan berbagai kegiatan. Hal ini ditampilkan melalui tayangan video dalam judul “76 jam” dalam 484 kegiatan Indonesia bersama menuju 76 Tahun Indonesia Merdeka dalam semangat Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.


Dalam hal ini juga, Menteri Hukum dan HAM RI Yosanna Laoli menyampaikan kata sambutannya. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan, bahwa remisi merupakan salah satu sarana hukum yang sangat penting dalam mewujudkan tujuan sistem Pemasyarakatan. Yakni sebagai motivasi perbaikan diri dan mental bagi narapidana untuk menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya.


“Pemberian remisi kepada narapidana adalah bagian dari perwujudan tujuan sistem pemasyarakatan. Bukan hanya sekedar pemenuhan hak oleh negara kepada para narapidana, tetapi juga apresiasi kepada mereka yang telah melewati ujian panjang pembinaan dengan perbaikan kualitas pribadi dan mental serta berkelakuan baik selama masa pembinaan,” ungkap Yosanna Laoli.


“Melalui pemberian remisi ini diharapkan seluruh warga binaan, selalu patuh dan taat kepada hukum dan norma yang ada sebagai bentuk tanggung jawab kepada Tuhan YME maupun sesama manusia,” tambah Menkumham.


Acara dilanjutkan dengan penyerahan Remisi secara Simbolis kepada warga binaaan sebagai perwakilan di Lapas Kelas II. B Kualasimpang.


Sebanyak 292 orang warga binaan Lapas Kelas II. B Kualasimpang mendapatkan remisi umum, dengan rincian: Remisi Umum 1 bulan berjumlah 60 orang, Remisi Umum 2 bulan berjumlah 63 orang, Remisi Umum 3 bulan berjumlah 64 orang, Remisi Umum 4 bulan berjumlah 70 orang, Remisi Umum 5 bulan berjumlah 24 orang, Remisi Umum 6 bulan berjumlah 11 orang serta penyerhan SK Asimilasi dan surat bebas kepada 2 (dua) orang Narapidana.


Sebelum mengakhiri kegiatan, Drs. Asra memberikan cendera mata dari Bupati Aceh Tamiang kepada Kepala Lapas Kelas II. B Kualasimpang. Begitu juga sebaliknya dan diakhiri dengan foto bersama.


Hadir memenuhi kegiatan tersebut terlihat Kalapas Kualaismpang, Atma Jaya, SH., Pasi Inteldim 0117/ Atam, Kapten Inf Nunu Rukmana, Wakapolres Atam, Kompol

Yusuf liwardi, SH., Wakil Ketua DPRK II Atam Muhammad Nur, Kasi Pidum Kajari Atam Maryono SH, MH., Ketua MPU Atam Syahrizal Darwis, MA dan Para Pegawai/Staf Lapas Kelas II B Kualasimpang.*


Laporan : S Adi P

Sumber : Humas Set

Pos terkait